Jumat, 30 Oktober 2015

23 Jenis Superfruit yang Perlu Anda Ketahui

Pastinya anda semua pernah mendengar yang namanya superfood, tapi bagaimana dengan superfruit...? Tidak semua buah-buahan dapat disebut superfruit. Kata super pada fruit/ buah diberikan oleh para pakar nutrisi karena didalam buah terkandung paket lengkap dari antioksidan, serat, vitamin, dan nutrisi lainnya yang dapat membantu kualitas hidup anda lebih baik, lebih lama, dan bahkan mencegah berbagai penyakit.

Berikut 23 jenis superfruit :


1. Acai berries
Buah ini termasuk jenis berries seperti blackberries , strawberries, maupun blueberries. Acai berries dikenal juga mempunyai kandungan antioksidan tinggi yang tidak kalah dari buah berries lainnya. Tidak hanya dapat di konsumsi lansung buah ini juga dapat diolah menjadi berbagai macam jenis makanan seperti kue.

2. Apel
Buah apel juga termasuk superfruit, dimana apel merupakan sumber serat yg baik. Tapi  tidak hanya itu bagian kulit pada apel ternyata mengandung querectin bagian dari pigmen tumbuhan yg disebut jg flavanoid, yg merupakan antioksidan yg berguna sebagai antihistamin dan anti inflammatory/peradangan, yang memungkinkan membantu anda terlindung dari penyakit jantung dan reaksi alergi.

3. Pisang
Sering memakan cemilan namun tetap terus merasa lapar? cobalah buah ini. Pisang mengandung potassium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah anda dan karbohidrat yang baik yang dapat membantu kerja metabolisme tubuh anda.

4. Grapefruit
Mungkin anda akan mengira buah yang dimaksud adalah anggur, ternyata anda keliru karena grapefruit adalah sama sekali buah berbeda. Dilihat dari bentuknya buah ini malah mirip dengan jeruk bali tapi dengan ukuran kecil. Buah ini populer di negara Amerika dan di benua Eropa. Buah ini bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol anda dan diketahui juga mengandung antioksidan yg tinggi.

5. Blueberries
Buah ini sangat baik untuk kesehatan otak dan memori. Beberapa penelitian menghubungkan kadar flavanoid tinggi pada blueberries dengan kemampuan memori yang baik, dan secara teratur menkonsumsi buah ini dapat membantu kesehatan dan fungsi otak anda.

6. Melon
Melon merupakan sumber vitamin A yang berguna untuk mendapatkan kulit mulus, muda dan sehat.

7. Ceri
Warna merah pada ceri merupakan antioksidan yg disebut antosianin, yang berguna mencegah dan mengurangi : peradangan, trigiliserida, dan kadar kolesterol.

8. Citrus
Citrus mulai dari jeruk nipis, lemon, dll dikenal dengan kandungan vitamin C  nya yang tinggi, sumber serat yang baik, dan beberapa nutrisi lainnya.


9. Cranberries
Cranberries merupakan superfruit yang baik terutama bagi kaum wanita. Buah ini dapat melindungi seseorang dari infeksi saluran kencing dan kanker ovarium.

10. Buah Naga
 Para peneliti menemukan bahwa biji dalam buah ini mengandung asam lemak esensial, yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh kita sendiri. Didalam biji buah naga sekitar 50% terbentuk dari asam lemak esensial, oleic acid, yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat LDL dan menaikkan kolesterol baik HDL.

11. Anggur
Kenapa anggur termasuk golongan superfruit? Antioksidan kuat bernama resveratol jawabannya, yang bermanfaat memelihara kesehatan jantung kita. Para peneliti juga menemukan bahwa kandungan senyawa pada ekstrak biji anggur dapat memperlambat gejala2 Alzheimer. Dan kandungan  malic acid pada anggur mampu membersihkan noda pada gigi.

12. Blackberries
Eitss bukan blackberries handphone loh, ya buah blackberries dikenal sebagai salah satu dari 10 antikoksidan terkuat. Buah ini kaya akan polyphenol, yang berguna melawan penyakit kardiovaskular, kanker, dan osteoporosis. Blackberries juga nomor satu  pada kandungan seratnya.

13. Kiwi
Buah kiwi terutama kulitnya, mengandung kadar serat yang tinggi dan pre-biotic complex. Ini berguna untuk kesehatan pencernaan kita.


14. Jeruk
Jika anda mengkonsumsi satu buah jeruk ukuran sedang, berarti anda telah memenuhi kebutuhan harian vitamin C yg direkomendasikan, yang berguna memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dan juga seperti yg kita ketahui jeruk kaya akan serat, potassium, kalsium, folat, dan vitamin B.

15. Plum
Plum mengandung antioksidan bernama chlorogenic acid, yang berfungsi mengurangi gangguan kecemasan.

16. Strawberries/ stroberi
Sama seperti jeruk, stroberi kaya akan kandungan vitamin C. Selain itu stroberi juga mengandung folic acid yang membantu menjaga kesehatan jantung mu.

17. Pomegranate
Julukan Superfruit layak diberikan untuk buah yang satu ini. Bagaimana tidak jus pome bahkan mengalahkan red wine/ anggur merah dalam hal jumlah dan tingkat antioksidan. Walaupun begitu akan lebih baik memakan buah pome secara lansung dibanding dibuat jus terlebih dahulu.

18. Alpukat
Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal, yang dapat membantu menurunkan LDL dan juga menaikkan jumlah kolesterol baik pada tubuh. Lemak baik pada alpukat juga membantu penyerapan karoten terutama beta karoten dan lycopene yang esensial bagi kesehatan jantung.

19. Tomat
Tomat memiliki kandungan antioksidan yang bernama lycopene, yang mana jarang ditemui di superfruit lain nya. Tomat juga kaya akan vitamin C, potassium, dan serat. Kandungan kalori yang sangat rendah pada tomat juga amat cocok bagi anda yang sedang berdiet.

20. Pepaya
Buah tropikal ini mengandung vitamin C, dengan 1 cangkir saja sudah dapat memenuhi kebutuhan harian mu. Pepaya juga sumber vitamin A dan E, yang merupakan 2 jenis antioksidan yang membantu kesehatan jantung dan mencegah kanker usus.


21. Raspberries
Selain kaya akan serat, raspberries juga mengandung vitamin C dan mangan.

22. Semangka
Selain tomat, semangka juga dikenal memiliki kandungan lycopene. Kalori yang rendah ditambah dengan kandungan vitamin A dan C menjadikan semangka buah favorit.

23. Nanas
Nanas mengandung bromelain, yang berguna membantu proses penyembuhan luka dan mengurangi pembengkakan atau peradangan di dalam tubuh. Enzim bromelain juga berguna bagi kesehatan pencernaan.


sumber : health.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar