Kamis, 29 Oktober 2015

Manfaat Buah Apel

Manfaat Buah Apel

Apel merupakan buah yang sangat populer dan juga buah yang enak. Bagaimana tidak selain rasanya yang renyah dan manis-manis asam, apel juga terkenal akan khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Apel dapat dimakan mentah atau diolah menjadi salad buah atau kue, maupun dijadikan jus yg lezat.


Nutrisi pada buah apel :

Di dalam sebuah apel terkandung vitamin C, vitamin K, vitamin B6, dan riboflavin. Dan mineral2 lain seperti potassium, mangan, tembaga, dan magnesium. Disamping itu apel juga kaya akan sumber serat yang baik.



Berikut ini manfaat dan khasiat dari buah apel :

1. Baik bagi kesehatan pencernaan
Apel adalah salah satu buah yang kaya akan serat, yg dibutuhkan bagi kesehatan pencernaan tubuh kita. Dengan rutin memakan apel kita dapat terhindar dari konstipasi dan gangguan pencernaan lainnya.

2. Mencegah kanker 
Dalam beberapa penelitian apel terbukti membantu mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker payudara, usus, dan paru2. Seperti yang telah kita ketahui banyak buah dan sayuran lain terkenal akan manfaat nya dalam melawan kanker, tapi apel dikenal sebagai yg terbaik nutrisinya dalam pencegahan kanker. Contohmya saja menurut beberapa penelitian, kandungan apel seperti flavanoid, kaempferol,dan querectin terbukti mengurangi dan memperlambat penyebaran kanker paru-paru.

3. Menyehatkan rongga gigi dan mulut.
Ternyata apel juga memiliki fungsi untuk kesehatan mulut dan gigi, mengkonsumsi apel dengan langsung mengunyahnya akan merangsang produksi air liur untuk membersihkan rongga mulut. Selain itu zat tanin yang terkandung pada apel, membersihkan plak yang merusak gigi dan gusi.

4.Mencegah dan mengobati anemia
Anemia adalah penyakit yang disebabkan oleh kurangnya jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam darah. Sedangkan apel dikenal kaya dengan kandungan zat besi yang mana dibutuhkan bagi penderita anemia.

 5. Mengkontrol gula darah 
Galacturonic acid disuplai apel untuk menurunkan kinerja tubuh dalam melepaskan hormon insulin. Maka dari itu, apel baik dikonsumsi bagi orang-orang yang mempunyai riwayat genetik terserang penyakit diabetes agar tidak bertambah dan menjadi lebih serius.
  
6. Mengembalikan stamina tubuh
Bagi seseorang yang gemar olahraga atau sedang stress membuat asam laktat dalam tubuh meningkat. Jika tidak segera diatasi maka akan mengganggu organ dan kesehatan tubuh. Nah, apel mengandung kalium dan enzim yang dapat meredakan kelelahan saat olahraga dan mengurangi asam laktat dalam tubuh.
 
7. Membantu mengobati dan mencegah Alzheimer dan Parkinson
Ya, apel dikenal memiliki banyak kandungan antioksidan. Kandungan phytonutrient pada apel terbukti membantu mengurangi efek buruk dari penyakit Alzheimer yg berasal dari radikal bebas. Apel juga meningkatkan jumlah acetylcholine pada otak, yang berhubungan dengan konsentrasi, penyelesian masalah, dan memori.

8. Membantu metabolisme tubuh dan menurunkan berat badan.
Apel mengandung banyak serat yang baik bagi tubuh, serat membantu untuk mengontrol nafsu makan seseorang. Serat juga membantu kesehatan pencernaan sehingga memudahkan seseorang BAB. Penelitian juga menunjukan bahwa apel mempunyai kemampuan mempercepat metabolisme tubuh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar