Rabu, 28 Oktober 2015

Manfaat Luar Biasa yang Terkandung dari Buah Tomat

Manfaat Luar Biasa yang Terkandung dari Buah Tomat

Siapa yang tidak tahu buah tomat? ya walaupun sebagian orang menganggap tomat sebagai sayuran namun kenyataannya tomat masuk sebagai jenis buah-buahan. Tomat merupakan salah satu buah yang tidak mengenal musim sehingga mudah ditemukan di mana saja dan kapan saja. Dari segi harga tomat juga amat ekonomis namun nutrisi dan manfaatnya bagi tubuh tidak kalah dari buah2 superfruit / superfood lainnya.

Kandungan Nutrisi Tomat :

Satu buah tomat ukuran sedang diketahui memiliki kandungan nutrisi yaitu 22 kalori, 0 gram lemak, 5 gram karbohidrat, 1 gram serat, 1 gram protein, dan 6 mg sodium. Di dalam kira2 satu buah tomat ukuran sedang juga menyediakan sekitar 40 persen dari kebutuhan rata2 vitamin C, 20 persen vitamin A, 2 persen  zat besi, dan 1 persen kalsium.

Tomat juga terkenal dengan kandungan lycopene. Bahkan konsentrasi lycopene pada tomat merupakan salah satu yg tertinggi dibanding buah atau sayur lainnya.

Lycopene adalah pigmen yang memberi warna merah pada tomat dan juga pada buah2an dan sayuran lain seperti wortel, pepaya, semangka, jambu merah, dan lain-lain. Lycopene merupakan salah satu antioksidan penting yg dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh akibat paparan polusi seperti rokok, polusi, dan sinar ultraviolet. Selain itu lycopene juga diketahui dapat mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan kanker leher rahim, prostat, usus, perut, mulut dan pankreas.

Berikut beberapa manfaat dari tomat :

-Mencegah dan mengurangi resiko kanker
-Mencegah kerusakan DNA akibat radikal bebas
-Mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari / ultraviolet
-Memulihkan fungsi lever
-Menjaga kesehatan jantung
-Mengurangi kadar kolesterol
-Mengurangi rasa sakit akibat peradangan
-Membantu mencegah hipertensi
-Mengatasi sembelit
-Membantu mengatasi sariawan dan gusi berdarah
-Sumber serat, vitamin, antioksidan yang baik

Cara penyajian tomat :

Tomat dapat disajikan dengan cara dimakan lansung mentah2, dijadikan  jus, ataupun diolah menjadi berbagai jenis masakan.

Jika dikonsumsi saat segar, tomat sangat kaya akan vitamin C. Tetapi akan lebih baik dikonsumsi setelah dimasak. Kenapa? karena menurut penelitian konsentrasi lycopene pada tomat yang telah dimasak akan menjadi jauh lebih tinggi walaupun begitu kadar vitamin C akan berkurang atau rusak akibat suhu tinggi dari proses pemasakan. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar