Kamis, 05 November 2015

7 Manfaat Dark Chocolate

 7 Manfaat Dark Chocolate

Dark chocolate (coklat hitam) memang dikenal akan nutrisinya yang baik untuk kesehatan. Dibuat dari biji pohon cocoa/kakao, dark chocolate merupakan salah satu sumber antioksidan terbaik di dunia. Penelitian mengatakan bahwa dark chocolate (tanpa penambahan gula tentunya) dapat membuat tubuh lebih sehat dan menurunkan resiko sakit jantung .

1. Dark Chocolate Kaya Akan Nutrisi

Di dalam dark chocolate terkandung sejumlah serat larut dan banyak mineral.
Sekitar 100 gram dark chocolate mengandung :

- 11 gram serat
- 67% RDA zat besi
- 58% RDA magnesium
- 89% RDA tembaga
- 98% RDA mangan
- nutrisi lainnya seperti potassium, zinc, dan selenium.

RDA (Recommended Dietary Allowance)

 

2. Dark Chocolate Kaya Akan Antioksidan

Dark chocolate sarat dengan senyawa organik yang secara biologis, aktif dan berfungsi sebagai antioksidan. Diantaranya polifenol, flavanol, catechin, dan lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa kakao dan coklat hitam mengandung lebih banyak antioksidan, polifenol, dan flavanols dibanding buah-buahan lainnya yang mereka uji, termasuk blueberry dan Acai berry.

3. Dark Chocolate dapat Memperlancar Peradaran Darah dan Menurunkan Tekanan Darah

Dark chocolate juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan flavanol membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah ke jantung. Flavanol yang terkandung dalam coklat hitam meransang endotel, lapisan arteri, untuk memproduksi oksida nitrat. Oksida nitrat tersebut mengirimkan sinyal ke arteri untuk rileks, yang mana dapat menurunkan resistensi terhadap aliran darah dan dengan demikian mengurangi tekanan darah.

4. Dark Chocolate Menaikan Jumlah HDL dan Melindungi LDL dari Oksidasi

Dark chocolate terbukti dapat mengurangi beberapa faktor resiko terkena penyakit jantung. Dark chocolate dapat menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) teroksidasi, yang dapat menyebabkan penyumbatan serta membuat pembuluh darah menjadi kaku. Di samping itu dark chocolate jg dapat meningkatkan jumlah HDL (kolesterol baik) yang berfungsi membuat pembuluh darah menjadi elastis, HDL juga mengangkut kelebihan LDL dalam darah untuk dibuang ke hati.

 

5. Dark Chocolate Membantu Gula Darah agar Tetap Terkontrol

Kakao dalam dark chocolate juga dapat membantu mencegah diabetes. Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa konsumsi rutin dark chocolate dapat meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga mengurangi resiko diabetes. Kandungan flavanoid dalam dark chocolate juga meningkatkan oksida nitrat, yang membantu mengurangi resistensi insulin dan membantu tubuh menggunakan insulin secara efisien.

6. Dark Chocolate Dapat Melindungi Kulit Anda dari Sengatan Sinar Matahari 

Senyawa yang terkandung dalam dark chocolate baik untuk kesehatan kulit anda. Flavanol dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sengatan matahari, meningkatkan aliran darah ke kulit dan juga meningkatkan kelembaban di kulit sehingga terhidrasi.

 

7. Dark Chocolate dapat Meningkatkan Fungsi Otak

Dark Chocolate juga dapat meningkatkan fungsi otak. Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi dark chocolate dapat meningkatkan aliran darah ke otak hingga tiga jam. Hal ini, tentunya dapat meningkatkan memori jangka pendek dan tingkat kewaspadaan umum untuk periode singkat.

Tingginya jumlah flavanol yang terdapat dalam dark chocolate juga dapat meningkatkan fungsi otak untuk orang yang mengalami susah tidur dan bahkan memperlambat efek penuaan dengan meningkatkan sirkulasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar