Selasa, 03 November 2015

Manfaat Buah Pisang

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan

Anda pasti sudah mengenal buah pisang bukan? Ya, buah ini amat populer di Indonesia maupun di dunia, kita bahkan hampir dapat menemukan buah ini di mana saja dan jenisnya pun beragam. Tapi mungkin banyak yang anda tidak ketahui banyaknya manfaat untuk kesehatan yang terkandung dalam pisang. Misalnya saja pisang ternyata dapat berguna dalam membantu melawan depresi, menghilangkan rasa mabuk, meredakan mual, mencegah diabetes, mencegah osteoporosis, mencegah kanker ginjal, dan lainnya. Pisang juga dapat menyembuhkan dan menghilangkan rasa gatal akibat gigitan nyamuk.

Berikut Manfaat Pisang yang Mungkin Anda Belum Pernah Ketahui


1. Pisang ternyata dapat membantu mengatasi depresi, karena pisang memiliki kandungan triptofan yg kemudian diubah menjadi seretonin, hormon yang dipercaya sebagai pemberi perasaan nyaman dan senang.
 
2. Melindungi kram otot yg biasa terjadi saat berolahraga dan kram pada kaki.

3. Merupakan sumber energi yang baik dalam melakukan aktivitas sehari2.

4. Mengkonsumsi buah pisang secara rutin dapat berfungsi untuk membantu menyehatkan dan menguatkan tulang, karena pisang dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium.

5. Pisang membantu meredakan pembengkakan, mengatasi diabetes tipe2, membantu menurunkan berat badan, dan membantu produksi sel darah putih, karena pisang memiliki kandungan vitamin B-6 yang tinggi.

6. Mengatasi dan mencegah anemia karena pisang memiliki kandungan zat besi.

7. Kandungan potasium yang tinggi dan rendahnya kandungan garam, membuat pisang dikenal mampu menurunkan tekanan darah dan melindungi kita dari serangan jantung maupun stroke.

8. Pisang kaya akan kandungan pektin, yang baik bagi kesehatan pencernaan.

9. Sebagai prebiotik, yang menstimulasi pertumbuhan bakteri baik pada usus besar. Pisang juga memroduksi enzim pencernaan yang membantu dalam penyerapan nutrisi.

10. Tingginya serat pada pisang membantu kinerja dan kesehatan sistem pencernaan sehingga terhindar dari konstipasi.

11. Buah pisang dapat dijadikan sebuah solusi pada saat tubuh terserang maag. Hal ini karena buah pisang memiliki kandungan zat penangkal asam dalam tubuh dan sehingga dapat meredakan maag.

12. Memakan rutin pisang juga dapat membantu mencegah kanker ginjal.

13. Membantu untuk meningkatkan kecerdasan otak dan meningkatkan konsentrasi pada saat belajar. Karena pisang kaya akan kandungan potassium.

14. Pisang juga kaya akan kandungan antioksidan yang dapat  membantu melindungi tubuh dari efek radikal bebas dan berbagai macam penyakit. 

15. Mengkonsumsi pisang baik bagi penderita diabetes karena dapat membantu kestabilan gula darah.

16. Membantu mengurangi dan menhilangkan rasa gatal akibat gigitan nyamuk. Caranya ambil kulit pisang dan oleskan secara perlahan pada daerah yang terkena gigitan nyamuk. 

Jadi itulah 16 manfaat buah pisang yang mungkin anda belum ketahui. Jadi tidak ada salahnya kita mencoba memasukan buah pisang sebagai bagian dari diet kita, karena selain rasanya yang enak  pisang juga ternyata mempunyai banyak sekali manfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar